Burukkah Gosip? Tergantung....



"Ngomong Belakang" (Focus Movies)

Bergosip dan berguncing merupakan suatu perbuatan yang dipandang tidak baik oleh banyak orang meskipun kaum wanita kerap menjadikan gosip sebagai tujuan utama ketika berkumpul-kumpul. Bahkan, dalam ajaran Agama Islam, bergosip merupakan perbuatan hina dina yang berbuah dosa.

Namun, ada satu cara bergosip yang bukannya merenggangkan hubungan dengan orang yang digosipi, melainkan malah merekatkan tali silaturrahmi. Apa itu?

Caranya adalah dengan menyebutkan kebaikan temanmu tepat di belakangnya. Makna “di belakang” ini bukan makna kiasan, melainkan makna sebenarnya. Artinya, pastikan temanmu mendengar bahwa kamu mengatakan yang baik tentangnya. Bagi yang digosipi dengan cara seperti ini, ia akan merasa dihargai dan lebih daripada itu, ia pun akan menghargaimu.

Teknik yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengucapkan keras-keras (pastikan jangan lebay dan bisa didengar oleh teman yang akan kamu gosipi) tentang apa kelebihannya hari ini. Misalnya, awalnya kamu tengah berjalan dengan seorang sahabatmu. Namun di tengah jalan, kamu bertemu dengan seorang teman dan mesti bertegur sapa sesaat. Ketika kamu sudah selesai berbasa-basi dan ingin melanjutkan perjalanan, pujilah temanmu yang sudah akan beranjak pergi dengan berkata, “ganteng/cantik banget ya dia hari ini”. Katakan itu pada sahabatmu dan pastikan temanmu tadi mendengarnya.

Gosip “di belakang” ini tidak mesti pujian secara fisik. Bisa saja dengan kalimat seperti: “baik banget ya dia” ; “dia setia abis orangnya” ; “itu dia teman baik aku yang pernah pernah aku ceritain ke kamu kemarin” ; “ah, padahal mau ngomong panjang lebar sama dia, tapi mau gimana lagi, buru-buru banget”. Pilihan pujian bisa kamu ciptakan sendiri tergantung situasi. Intinya, gosip yang berisi tentang pujian ini mesti didengar langsung oleh orang yang anda puji.

Cara ini bisa memberikan efek lebih bagi yang digosipi. Ini disebabkan karena bagi semua orang, segala sesuatu tentang dirinya lebih menarik untuk didengar. Mudah-mudahan teknik ini bisa mengakrabkan kamu dengan temanmu ya.. 

No comments:

Post a comment