Lakukan 4 Cara Spesial Ini Agar Hari Wisuda Temanmu Lebih Berkesan





Bagi banyak orang, wisuda merupakan momen spesial layaknya pernikahan. Maka, bukan menjadi sesuatu yang aneh jika banyak orang yang ingin hari wisudanya menjadi momen yang tak terlupakan. Kehadiran sahabat dan orang-orang terdekat pun menjadi penting karena momen ini bukan hanya momen para wisudawan, melainkan momen orang tua yang telah bekerja keras agar anaknya tamat kuliah dan juga momen teman seperjuangan yang telah menemani wisudawan beberapa tahun terakhir di kampus. Namun sayangnya, banyak kasus-kasus tertentu merusak suasana hati para wisudawan justru karena tingkah laku orang-orang terdekat seperti teman-teman kuliah.

Lalu apa yang bisa kita lakukan selaku sahabat atau teman untuk membuat momen teman anda menjadi sangat spesial. Berikut adalah rangkuman tindakan spesial yang mampu membuat momen wisuda sahabat anda semakin berkesan:


1.  Rasa penasaran anda justru membuatnya spesial


Umumnya, banyak orang yang ingin menilai seberapa setiakah teman atau seberapa berarti diri kita sendiri bagi teman yang akan diwisuda dengan menunggu undangan untuk datang di hari wisuda mereka. Jika mereka mengundang, berarti kita berarti bagi teman kita. Jika tidak, berarti kita tak berarti apa-apa bagi teman sendiri. Begitulah logika kebanyakan orang. Namun sayangnya, kita justru melewatkan momen untuk membuat teman kita spesial dan menambah kedekatan dengannya. Daripada menunggu diundang wisuda teman, kenapa kita tidak bertanya jauh-jauh hari kapan tanggal wisudanya? 

Tanyakan tanggal pastinya dan buatlah tingkah seolah anda berusaha mengingatnya di depan teman anda seperti memejamkan mata sebentar atau menulis pengingat di HP tentang tanggal wisudanya. Karena bertanya menciptakan kesan bahwa anda perhatian dan ingat pada teman anda. Kepedulian yang anda tunjukkan tentu akan semakin mengakrabkan hubungan anda dengan teman anda.

Tapi jangan salah, jika tidak dilakukan dengan tepat, hal ini bisa jadi bumerang yang justru merenggangkan jarak. Jangan bertanya kepada teman anda kapan dia wisuda sebelum dia sidang sarjana. Itu sama saja seperti bertanya kapan nikah padahal anda tahu dia sedang pusing cari jodoh. Pastikan dulu anda tahu kalau teman anda benar-benar telah melalui setiap fase sebelum wisuda!

2.  Jangan menganggu dengan telpon yang bertubi-tubi


Yap, inilah kesalahan lain yang sering dilakukan banyak orang ketika menghadiri acara wisuda kerabatnya, menelpon untuk menanyakan tempat. Banyaknya orang yang turut datang untuk menghadiri wisuda ratusan bahkan ribuan wisudawan dalam satu tempat membuat gedung wisuda bagai lautan manusia. Selaku teman yang ingin mengucapkan selamat, otomatis kita ingin mengetahui keberadaan teman kita itu di antara ribuan orang dengan menelpon. Namun sayangnya, hal itu justru mengganggu. Bayangkan saja, di hari wisudanya, Si Teman harus mengangkat telpon berulang kali dan menjelaskan berulang-ulang tentang keberadaannya pada puluhan orang yang ingin mengucapkan selamat. Hal ini tentu saja membuat repot, apalagi jika teman yang menanyakan tempat justru belum pernah ke gedung tempat wisuda dilakukan. Pasti sangat susah dan bertele-tele dalam menjelaskan.

Oleh karenanya, jangan menelpon teman yang tengah wisuda itu. Telponlah sahabat atau kerabat dari wisudawan yang anda kenal. Tanyakan pada mereka, jangan pada teman yang baru saja diwisuda. Atau jika anda pergi beramai-ramai, cukup satu orang saja yang menelpon. Dan beritahu teman lain yang tengah di perjalanan jika anda sudah tau tempatnya.

3.  Pertolongan di hari H sangat membantu
 
Di tengah sibuk yang luar biasa, jangan sungkan-sungkan mengulurkan bantuan. Entah itu membantu menjelaskan kepada kerabatnya tentang keberadaan teman anda atau membantunya mangambil foto dengan sanak saudara. Karena kadang-kadang, bantuan di saat mendesak dan momen pentinglah yang membuat anda berkesan di mata teman.

4. Ramaikanlah hari wisuda temanmu yang pemalu dan tertutup

Coba bayangkan, di hari H wisuda, temanmu yang pemalu dan tertutup hanya bisa menahan malu pada keluarganya karena melihat wisudawan lain banyak dihadiri oleh temannya sedangkan dia tidak. Terkadang, tidak diundangnya kita selaku teman di hari wisudanya bukan karena ia sombong, melainkan karena ia malu atau merasa tak pantas diri mengundang kita. Maka, buatlah kejutan! Ajak teman anda yang lain untuk menghadiri wisudanya. Datanglah beramai-ramai. Yakinlah, bagi orang yang pemalu dan pendiam, kejutan dari orang yang tak terduga akan memberikan kesan seumur hidup baginya.

Yah, begitulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat momen spesial semakin terasa spesial bagi teman anda. Banyak hal yang bisa anda lakukan selain empat cara yang telah disebutkan di atas. Anda mungkin bisa menemukan cara unik lain. Namun tetaplah ingat, walaupun wisuda merupakan momen bahagia, itu juga momen paling menyibukkan sedunia.

1 comment: