Chloe Cewek Detektif : Sang Tertuduh

Judul : Sang Tertuduh

Judul Asli : No Escape (2003)

Penulis : Norah Mcclintock

Penerjemah : Utti Setiawati

Penyunting : Rika Iffati Farihah

Penerbit : Kaifa (2006)

Tebal Halaman : 326

Genre : Misteri





“Perasaanku kembali tidak enak ketika aku melihatnya terbungkuk-bungkuk, yang kupikir membuktikan bahwa aku punya apa yang disebut Mama sebagai hati nurani, hati kecil yang mampu membantumu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk” – hlm 64

Akan selalu ada stereotip negatif yang dilekatkan oleh masyarakat terhadap setiap narapidana yang baru bebas dari penjara. Stereotip inipun seolah tertulis pada kening Caleb Darke ketika kembali ke kampung halamannya setelah delapan tahun di penjara dan diasingkan. Bedanya, Caleb Darke memiliki masalah yang rumit untuk kembali ke rumahnya ketika hampir sebagian besar warga East Hastings menolaknya kembali. Para warga tak ingin ada orang yang begitu keji sampai sanggup menganiaya wanita hingga hampir tewas tinggal di sekitar mereka. Atau setidaknya, keluarga Tyson tak ingin seseorang yang telah menganiaya anggota keluarganya bebas berkeliaran sementara Terri Tyson harus lumpuh akibat perbuatannya.

Kasus ini bisa saja tak menarik perhatian Chloe jika ia tinggal di kota besar. Namun fakta bahwa Chloe tinggal di East Hasting yang merupakan kota kecil dan kenyataan bahwa ia anak kepala polisi membuat ia begitu tertarik dengan apa yang dialami Caleb Darke. Apalagi setelah ia mengetahui bahwa Caleb Darke bisa saja bebas bertahun-tahun lalu jika ia mengakui keasalahannya atas penganiayaan berat yang menimpa kekasihnya Terri Tyson.

Rasa ingin tahu Chole mendorongnya untuk kembali mengaitkan fakta yang tercecer dari peristiwa yang telah berlangsung sembilan tahun lalu. Dan ternyata telah terjadi permusuhan yang cukup panjang antara keluarga Tyson dengan keluarga Darke. Keluarga ini bagaikan keluarga Montagues dan Capulet dalam novel karangan William Shakespeare. Dengan Romeo dan Juliet diperankan oleh Darke dan Terri. Keluarga ini pun hampir dipastikan tidak akan pernah bersatu berdasarkan dua peristiwa menyedihkan di masa lalu. Pertama, terbunuhnya Kakek Caleb Darke, Matthew Sunday akibat salah tembak oleh Charles Tyson. Kedua, beberapa bulan kemudian terjadinya penganiayaan Terri Tyson yang berakhir dengan vonis delapan tahun untuk Caleb Darke.

Seiring dengan rasa ingin tau Chloe, fakta-fakta pun mulai terungkap. Ada kemungkinan yang sangat besar bahwa Caleb Darke tidak bersalah atas penganiayaan kekasihnya Terri. Dan ada fakta yang disembunyikan dari peristiwa terbunuhnya Kakek Caleb Darke sehingga Charles Tyson masih bebas hingga kini. Lalu ketika kaitan antara dua peristiwa di masa lalu itu mulai terungkap, pelaku utama pun mengambil segala cara untuk tetap mengubur fakta-fakta yang mulai muncul dipermukaan. Dan satu korban pun tertembak demi usaha pelaku utama agar ia tetap bebas dari jerat hukum. Sanggupkah Chloe memecah benang kusut dari peristiwa masa lalu sebelum pelaku utama semakin beringas?

****

Ketika pertama kali melihat terjemahan seri judulnya, agak lebay gimana gitu. Berasa gak pantes aja kalau cowok yang baca. Tapi sekali lagi, ungkapan Don’t judge a book by its cover ada benarnya. Walaupun judulnya agak terlalu “cewek”, buku ini sebenarnya cocok untuk segala jenis kelamin di dunia.

Ini adalah novel ke dua yang saya baca dari seri novel Chloe Cewek Detektif karangan Norah McClintock. Sebelumnya saya membaca seri Misteri Pondok Liburan. Dan menurut saya, novel ini lebih baik dari seri buku karangan Norah McClintock yang pernah saya baca sebelumnya. Lagi-lagi Norah McClintock mampu menggambarkan Chloe dengan apa adanya dan sesuai dengan gambaran pemikiran remaja masa kini. Novel ini sebenarnya tidak jauh beda dengan novel detektif secara umum. Namun penggambaran nuansa remaja didalamnya membuat novel ini berbeda dengan novel detektif lain yang tokoh utama biasanya orang dewasa dan polisi. Setidaknya novel ini memberikan perspektif berbeda dari novel kriminal lainnya. Pembangunan alur cerita dalam novel Sang Tertuduh pun cepat dan tidak membosankan. Setelah ini, rasanya saya tidak bosan untuk penasaran membaca Seri Novel Chloe selanjutnya.

Untuk novel ini, saya beri 4 dari 5 bintang.

No comments:

Post a comment