Buku-buku Yang Berkesan

Salah satu manfaat terbesar yang saya rasa setelah membaca beberapa buku adalah membuat diri ini untuk tidak terlalu keras kepala. Setiap membaca buku/novel setidaknya kita “dipaksa” untuk masuk ke kepala orang yang berbeda. Melihat dari sudut pandangnya. Membaca banyak buku berarti memberikan pemahaman yang kuat bahwa dunia ini bukan hanya tentang kepala dan sudut pandang kita saja.

Bagi saya sendiri banyak novel yang bermanfaat dan beberapa dari novel itu memberikan kesan mendalam. Berikut adalah buku yang memberikan kesan mendalam bagi saya :


1.      Harus Bisa – Dino Patti Djalal
ibenimages.com

Saya masih ingat bahwa buku ini dibawa pulang oleh ayah saya pada suatu sore. Saya yang waktu itu masih SMA dan belum pernah membaca buku yang penuh dengan tulisan pada tiap halaman “dipaksa” untuk membaca buku ini. Dengan perjuangan keras, buku ini bisa saya selesaikan walaupun berminggu-minggu. Buku ini bisa membuat seorang anak remaja seperti saya (waktu itu) sedikit terbuka dan tertarik dengan politik, padahal sebelumnya yang dibaca hanya komik-komik semacam doraemon, sinchan, dragonball dan lain-lain. Dan bisa dibilang, buku ini lah yang membangun kepercayaan diri saya untuk bisa melahap novel-novel yang tebal di kemudian hari.

Harus Bisa merupakan karya Dinno Pati Djalal, mantan jubir presiden SBY bidang luar negeri dan mantan duta besar Indonesia untuk Turki dan Amerika Serikat. Seluruh isinya bercerita tentang sisi humanisme seorang SBY.  Dan menurut saya, agak sedikit berbau pencitraan tentang SBY karena hanya menampilkan sisi baiknya saja. Tapi masih Lebih baik menampilkan kebaikan yang benar ada namun menutupi kekurangan, dari pada menceritakan kebaikan yang tak pernah dilakukan. Mungkin karena sebab ini lah saya sempat nge-fans abis dengan pak SBY. Buku ini enak dibaca dan mudah dicerna. Lumayan untuk memperbaiki suasana hati sehabis mendengar berita di TV yang membuat kita pesimis pada negeri.

2.      The Kite Runner – Khaled Hosseini
polsci167.blogspot.com

Kalau ditanya, buku apa yang paling mengharukan, saya akan menjawab novel ini. Novel karangan Khaled Hosseini ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Amir yang mengalami kejadian mengerikan dengan pembantu dan sahabatnya sendiri, Hasan. Alur ceritanya maju mundur, berkisah tentang kehidupan mereka di masa kecil, peristiwa mengerikan yang mereka alami, peperangan yang membuat mereka berpisah, sampai kembalinya Amir ke Afganistan untuk menembus kesalahan masa lalunya pada Hasan. The Kite Runner berlatar belakang Afganistan mulai dari pendudukan Uni Soviet sampai Pendudukan Taliban. Kisahnya sangat kuat dan membuat sesak dada. Gak salah memang kalau buku ini terjual lebih dari 8 juta eksemplar dan sudah diterjemahkan ke 42 bahasa dunia. Saya baca buku ini ketika kelas 3 SMA dan selesai dalam waktu 3 malam dan benar-benar menguras air mata. Mungkin bagi pembaca, pendapat saya ini bisa dicap sebagai pendapat yang subjektif dan gak bisa dijadikan rujukan kalau buku ini bagus, tapi sebagai informasi, saya pernah meminjamkan novel ini ke beberapa teman, dan yang paling berwajah garang pun nangis. Hehe.

3.      The Da Vinci Code – Dan Brown
en.wikipedia.org

Menurut pandangan pribadi, sebagus-bagusnya sebuah buku, pasti ada satu titik kita merasa bosan. Dan pandangan ini berlaku pada semua buku. Tapi ketika membaca buku karangan Dan Brown ini, pandangan itu menjadi tak berlaku lagi. Novel ini tidak membosankan dan ketika harus berhenti membaca karena ada kegiatan lain, novel  ini membuat kita penasaran untuk lanjut membacanya.

Novel ini berkisah mengenai seorang Simbolog, Robert Langdon yang dituduh membunuh seorang kurator, Jacques Sauniere. Ketegangan berlangsung sepanjang novel, di satu sisi-sisi ia terus lari dikejar oleh para polisi dan di satu sisi ia harus memecahkan teka-teki yang ditinggalkan Jacques Sauniere sebelum kematiannya. Teka-teki ini harus ia pecahkan karena menjurus pada tempat penyimpanan sebuah benda yang sangat bernilai bagi Umat Kristiani dan ada pihak jahat lainnya yang juga berpacu untuk mencari benda tersebut. Walaupun membahas tentang Teori Konspirasi dan sebagainya, bagi seorang muslim, kita semakin yakin dengan agama yang kita anut, kenapa begitu?. Silahkan dibaca. Oya, novel ini laris lebih dari 83 Juta kopi, banyak ya.

4.      To Kill A Mocking Bird – Harper Lee
www.bookoopedia.com

Melihat dari sudut pandang orang lain, itulah hikmah terbesar membaca buku ini. Setelah membaca banyak resensi tentang novel ini yang banyak di internet, akhirnya saya putuskan untuk beli. Dan memang gak mengecewakan. Buku ini berkisah dari sudut pandang seorang gadis kecil yang berusia delapan tahun. Terkadang lucu juga melihat suatu pristiwa dari pandangan anak kecil. Kisah kehidupan keluarga tanpa ibu ini awal mulanya biasa saja, namun berubah ketika sang ayah, Atticus Finch yang merupakan seorang pengacara menjadi pembela laki-laki kulit hitam yag dituduh melakukan perkosaan. Anak-anaknya, Jeane Louis alias Acout dan Jeremy Finch pun mendapatkan cemoohan dan perlakukan kurang baik di sekolah dan lingkungan sekitar. Novel ini banjir kutipan-kutipan penuh makna, dan memberikan pemahaman yang begitu tertanam setelah membaca, bahwa seburuk apapun seseorang dalam bertindak,  mereka selalu memiliki alasan, dan tugas kita untuk memahaminya walaupun hanya sedikit. Setidaknya itu bisa membuat kita untuk dapat mengontrol amarah walaupun sedikit. Tokoh yang paling saya sukai di buku ini yaitu Atticus Finch, suka aja gituh sama jalan pikirannya. Mari dibaca...  :)

5.      The 7 Habits Of Highly Effective Teens - Sean Covey
www.tokobukukarisma.com

Dulu waktu awal-awal kuliah saya suka banget baca-baca buku motivasi. Tiap dua minggu sekali ke pustaka cuma buat minjem buku motivasi aja. Dan dari beberapa buku yang pernah saya baca, buku motivasi ini yang berhasil buat saya “bener” selama beberapa bulan. Bahkan ada beberapa kebiasaan yang berhasil saya terapkan dan bertahan sampai sekarang (Walaupun yang lainnya ngilang dari ingatan  XD ). Meskipun judul utamanya untuk remaja, bagi kita dan anda-anda yang udah tua-tua , buku ini tetap pantas dan enak dibaca. Ketika saya bilang enak, ini bukan pemanis kata. Tiap lembar buat kita penasaran. Buku ini banyak memberikan contoh dalam banyak cerita sehingga kita tidak bosan membacanya. Penjelasan yang aplikatif dan cerita yang disampaikan membuat buku ini terasa begitu dekat keseharian kita. Selain itu terjemahannya pun sangat klop dan gak buat pusing. Sampai-sampai saya gak ngerasa kalau lagi baca buku motivasi. Justru lebih seperti lagi dengerin nasehat dari abang sendiri. Serius, coba aja baca.

6.      Sheila – Torey Hayden
rdsuryaratri.wordpress.com
siper.mmtc.ac.id

Torey heiden merupakan seorang psikolog pendidikan dan pengajar sebuah kelas bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Jadi novel ini merupakan kisah yang berdasar pada pengalamannya dalam bekerja. Sheila : Luka Hati Seorang Gadis Kecil merupakan novel Torey Hayden yang menuai sukses. Berkisah tentang hubungan Torey Hayden dengan seorang gadis kecil bernama Sheila yang menjadi pelaku dalam kasus pembakaran seorang balita. Keluguan Sheila dan latar belakang sikap keras dan nakalnya merupakan bagian yang menggugah dalam novel ini. Jika anda pusing dengan teori psikologi di buku-buku kuliah, silahkan baca Sheila. Penjabaran hukum psikologi begitu mudah dipahami karena dijabarkan dalam contoh kehidupan sehari. Sangat bermanfaat bagi para anda yang ingin atau sudah menjadi orang tua dan guru.

Saya tidak lebih dulu membaca novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil karena berpikir bahwa novel ini hanya satu. Ternyata saya membaca novel sambungannya yaitu Sheila : Kenangan Yang hilang terlebih dulu. Justru karena membaca novel kedua ini lah saya tertarik untuk membaca novel pertama. Jika novel pertama bercerita tentang Sheila masa kecil, Sheila : Kenangan Yang hilang bercerita tentang keadaan Sheila ketika remaja dan hubungan yang kembali terbangun dengan guru masa lalunya, Torey Hayden. Bagi saya pribadi, novel ini memberikan pelajaran mendalam bahwa sifat dan sikap seorang timbul karena sebab dan pengalaman yang ia alami di masa lalu. Termasuk sifat-sifat aneh dan merusak yang diperlihatkan Sheila.  Terkadang kita memberikan nasehat dan hanya mampu mengucap, tapi seringnya orang yang bermasalah tak membutihkan kata-kata, mereka butuh dipahami. Silahkan baca novel ini.

7.      Messiah – Borris Starling
sepetaklangitku.blogspot.com

Judulnya memang menjurus ke agama tertentu, tapi tenang saja, Messiah di sini hanya menjurus tentang seorang psikopat yang menganggap dirinya sebagai Mesiah (Jesus) yang membunuh 12 korbannya dengan teknik tertentu. Jadi, gak ada ajaran agama tertentu di novel ini, hanya latar belakangnya saja. Buku ini adalah buku yang membuat saya sangat ketagihan dengan novel Thriller, detektif, misteri dan sebagainya. Messiah bercerita tentang pengungkapan pembunuhan berantai yang dilakukan secara keji. Pelaku meninggalkan tanda-tanda pada setiap korbannya, yaitu lidah yang terpotong dan sendok perak yang dijejalkan ke mulut korban. Di Novel ini kita akan banyak “menjumpai” darah. Pengarangnya, Borris Starling sangat lihai menyajikan kisah, semuanya ditutup rapat-rapat sampai terbuka di ujung buku sehingga membuat kita panasaran membuka halaman selanjutnya. Endingnya sangat tidak terduga. Bagi saya pribadi, bagian yang paling menarik adalah ketika “masuk” ke pikiran Red Metcalfe (sang detektif) dan menduga-duga bagaimana pelaku membunuh korban di TKP dengan berusaha menempatkan dirinya sebagai pelaku. Analisisnya sangat menarik dan betul-betul cerdas. Ini novel misteri terbaik yang pernah saya baca. Oleh karenanya gak salah kalau novel ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan terjual lebih dari 8 juta copy. Kalau satu copy 60 ribu rupiah, berapa tuh uangnya ya..   :D

8.      Charlie : si jenius dungu - Daniel Keyes
syafiul25.blogspot.com

Charlie: Si Jenius Dungu merupakan sebuah novel fiksi ilmiah yang bercerita tentang perubahan hidup yang dialami seorang yang terbelakang mentalnya. Pada suatu ketika, Charlie mendapatkan kesempatan untuk menjadi kelinci percobaan pada sebuah eksperimen yang dilakukan peneliti untuk menambah kecerdasan fungsi otak. Percobaan ini sebelumnya telah dilakukan ke seekor tikus dan hasilnya mengembirakan. Pada novel ini kita akan melihat perubahan karakter pada Charlie yang mula nya dungu menjadi genius. Kita akan mendapatkan kisah menakjubkan dimana tokoh utama yang awalnya hidup dengan menyedihkan sebagai orang idiot lalu berubah menjadi orang yang sangat jenius. Berbeda dengan cerita-cerita superhero yang digambarkan dengan perubahan yang cukup berlebihan dari orang yang biasa saja menjadi pahlawan super, novel ini lebih menekankan pada perubahan kehidupan Charlie yang digambarkan dengan realistis dan tidak terburu-terburu. Sehingga pembaca biasa saja berpikir kalau ini kisah nyata.

Semenjak dilakukan percobaan, Kehidupan Charlie terus membaik, termasuk kisah cintanya. Namun pada suatu ketika, si tikus yang terlebih dahulu memperolah percobaan di Lab mendadak menurun tingkat kecerdasannya dan beberapa hari kemudian mati. Lalu bagaimanakah kehidupan Charlie? Akankah ia akan tetap cerdas seperti sekarang atau kembali bodoh seperti dulu. Silahkan baca novelnya.   :D  Novel ini sangat asik untuk dibaca. Pengarangnya sangat cerdas dalam mengambarkan perubahan karakter tokoh utama. Bagi saya, banyak bagian dari novel ini yang sangat menyentuh, dan tentunya banyak pelajaran yang bisa didapat.

####
Nah itu dia buku-buku yang memberikan kesan berlebih pada saya. Memang banyak yang buku terjemahan, tapi gak ada salahnya kalau kita bisa menyaring nilai-nilai yang tidak sesuai dengan budaya dan agama kita.

3 comments:

  1. Halo, kalau boleh tahu bisa dapar buku Torey Hayden dimana ya. Sudah 4tahun nyari gak ketemu ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di perustakaan daerah mbak, biasanya perpus daerah banyak koleksi buku2 lama. saya kemaren dapetnya di perpus daerah Aceh. Atau cari aja di toko buku bekas. Buku lama soalnya, jadi agak susah dicari

      Delete